CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Wednesday, January 14, 2009

Expresso Trial



-photo by Cici.. secara emang cuma ada Ci2,, jd sapa lagi yg mau fotoin...hehehe,,-

Sekarang tempat nongkrong bertambah lagi,,, tempat yang cocok banget buat ngopi,, ya namanya juga coffee shop. Namanya Java Dancer. Pertama kali mau ke sana gara2 diajak mama, tapi karena waktu itu ga bisa jadi cuma lewat aja. Trus kebetulan omq cerita abis dari situ,, jadi tambah penasaran deh. Eh, ternyata langsung diajak ke sana. Gila bener deh,, tempatnya enak n nyaman,, tapi yang paling bikin aq suka itu qt bisa ngeliatin proses pembuatannya. Hehehe,, biasanya kan asal tau jadi aja.

Begitu tau,, aq ajak temenq ngopi di situ,, kebetulan ampe sekarang baru Ci2 yang bisa ikut,, mungkin yang lainnya akan menyusul minggu depan,, I hope..

Nah,, mulai ke inti cerita. Hari ini aq n Ci2 lagi2 ke sana,, siang2 ngopi,, tentu aja yang dingin pesennya,, masa panas. Di situ asyik aja menikmati suasana,, duduk sengaja tepat di depan.. jadi bisa liat proses buat kopi langsung dengan mata kepala sendiri. Ya belakangan ini sih ngurangi gula,, abis waktu hari pertama,, aq dengerin omq ngobrol ama yang bikin kopinya, Mas Andri, yang pasti tentang kopi. Banyak sih yang baru aq tau waktu itu juga,, ada juga yang sampe sekarang ga ngerti.

Anyway, waktu itu mereka ngomongin soal rasa kopi juga,, acid n bitter. Karena biasanya selalu pake gula,, jadi aq ga terlalu merhatiin,, tapi begitu denger,, jelas aja aq penasaran. Jadi beberapa hari ini, tiap pesen kopi, gulanya dikit aja atau bahkan ga pake... hehehe,, enak juga ternyata walau belum terlalu terbiasa.

Balik ke inti cerita lagi,, begitu nongkrong di situ, ternyata Mas Andri lagi ngajarin salah satu pegawai di situ cara bikin kopi. Ga enak deh rasanya ngeliatin terus,, cuma duduk n ngeliatin tu bener2 bikin gemes. Begitu udah selesai, aq coba tanya boleh ga kalo aq bikin kopi sendiri... waktu itu sih mau coba bikin cappuccino. Ya benernya sih ga terlalu berharap bisa waktu itu,, eh ternyata dibolehin,, dimulailah pengalaman bikin kopi pertamaq..

Sebenernya sih bikin kopi simpel banget tahapannya,, ga terlalu sulit kayak sejarah atau biologi yang harus dihafalin. Langkah pertamanya grinding,, jadi qt halusin dulu biji kopi biar jadi bubuk dulu. Trus mulai deh dosing,, masukin bubuk kopi ke dalem alat yang namanya porta filter. Baru deh diratain di porta filter,, itu namanya distributing. Distributing itu caranya qt pake jari ngeratain bubuk kopi dari arah barat timur,, trus utara n selatan. Kaget juga waktu pertama kali distributing,, porta filternya panas juga... mau ga panas gimana,, kan nempel terus di coffee maker.. yg aq lupa nanyain namanya.

Begitu selesai distributing,, langkah selanjutnya adalah tempting... jadi qt teken bubuk kopinya. Katanya sih standarnya diteken sekuat 15 kg,, seberapa tuh?? udah ga tau kira2nya,, kuat atau ga juga ga tau. Terus jangan lupa di polish biar alus permukaannya. Alhasil,, beneran,,, begitu air mengalir,, dari kedua lubang porta filter,, airnya ngucur terus... ternyata emang kurang kuat nekennya.. Wah,,, pengalaman pertama ga begitu sukses. Katanya,, kalo terlalu cepet dapet 35 ml expresso,, hasilnya jadi acid. Ya udah deh,, ga bisa diubah kan. Seharusnya ada langkah selanjutnya kalo mau bikin cappuccino,, kan cappuccino bukan cuma expresso,, tapi ada susunya.

Susu harus dipanasin dulu pake steamer,,, nama prosesnya floating. Nah,, kalo di rendam dalem2,, itu manasin susunya,, tapi kalo agak ke permukaan dan terdengar kissing sound,, lupa istilahnya,, ingetnya cuma kiss doang,, abis tadi jadi ketawa sih gara2 namanya.. hahaha,, itu buat bikin busanya. Begitu susu selesai di steam,, baru deh di tuang...

Tadi juga diajarin bedanya latte n cappuccino,, cappuccino kopinya lebih kerasa gara2 lebih banyak susu yang jadi foam,, dibikinin juga dari expresso buatanq itu jadi latte n cappuccino biar tau gimana bedanya. Hehe,, kerasa banget bedanya.. Tapi,,, tenggorokan agak ga enak juga. Lengket gimana gitu,, apa pengaruh acid y??

Well,, it's really a great experience,, my first time to make an expresso....^^
PS: Kalo penulisan stepnya salah mohon dibenarkan y,,, maklumlah,, masih baru belajar.

6 comments:

JanuaR^^ said...

wow.......

nice, bole taw g alamat'nya Java Dancer ?

trus, mreka nyediain kopi apa aja ?

ada latte ma espresso g ?

,hohoho.....

Arlingga said...

mbak, kopi saia pesen kopi satu porsi ya.. jangan pedes ya mbak..

^^v

Anonymous said...

Sepertinya asyik tuh....

Tapi sayang...gak suka minum kopi nih ... :D

Mutiara Aisyah said...

wah,,sering2 dipraktekin ya, Ga...

ntr jangan lupa bagi2...hehehe =P

zoe said...

heh bayar royalti fto..
dsr..
untung ada inisiatif mengabadikan (halah..bhsanya..??!)dr pd g ada foto sama skli
-naluri fotografi-
:b wkwkwkwkwkwk

ntar jgn q lg yg djadiin kelinci percobaan buat minum kopi buatan mu..
:b
just kidding

Anonymous said...

wah...udah ketemu sama mbah Gambarelo ya. bulan ini rencananya saya mau ke sana juga. doain ya bisa diajarin langsung sama master kopinya :o

btw yg bener tamping, bukan tempting :)